02 Juli 2009

Kawasan Favoritku "Loksado"

Loksado, ya Loksado, bagi saya kawasan tersebut adalah salah satu kawasan terbaik yang dimiliki Kalimantan Selatan, disekitar loksado terdapat beberapa desa yang sangat sayang untuk tidak dikunjungi, beberapa desa tersebut antara lain Haratai, Malaris dan Loa Panggang, disana anda kita mendapatkan keramahan penduduk lokal yang juga merupakan warga dayak meratus, keramahan mereka akan menambah keindahan dan keelokan kawasan loksado yang juga termasuk kedalam kawasan Pegunungan Meratus.

Dikawasan tersebut terdapat aliran sungai amandit yang bening dan tidak pernah berhenti mengalir, seakan mengatakan kepada kita “jagalah kami selalu, dan jangan pernah rusak hutan kami”, diwasan terebut juga terdapat beberapa buah air terjun yang sangat menyejukkan hati, yang akan menghilangkan kepenatan dunia perkotaan yang pengap dan berdebu.

Loksado merupakan kawasan yang terletak di kabupaten Hulu Sungai Selatan, loksado berjarak sekitar 150 KM dari kota Banjarmasin, atau sekitar 130 KM dari kota Banjarbaru, apabila perjalanan menggunakan sepeda motor dari banjarbaru perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam maka kita akan sampai ke loksado dengan menghabiskan bensin sekitar 4 liter. Untuk dapat sampai kesana anda tidak perlu takut nyasar soalnya banyak penunjuk jalan untuk dapat sampai keloksado atau paling gampang setelah sampai ke kota kandangan anda dapat bertanya dengan siapa saja yang anda temui disana kemana arah menuju loksado.

Untuk dapat sampai keloksado, kita juga dapat menggunakan angkutan umum, kita bisa naik taksi colt kekandangan kemudian dilanjutkan dengan naik angkutan pedesaan untukl dapat sampai keloksado. Ongkos taksi colt dari banjarbaru ke kandangan sekarang ini sekitar Rp. 30.000,- untuk dapat lebih gampang menemukan angkutan pedesaan yang menuju loksado, maka kita dapat meminta kepada pak supir taksi colt yang kita naiki untuk minta kita diturunkan diterminal tempat angkutan pedesaan yang menuju ke loksado berkumpul, setelah itu kita dapat melanjutkan perjalanan keloksado dengan menggunakan angkutan pedesaan tersebut, sekarang ini ongkos angkutan pedesaan ke loksado sekitar Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,-.

Dalam perjalanan dari kota kandangan menuju loksado kita dapat menikmati pemandangan alam pegunangan, di kanan-kiri kita dapat melihat hamparan pegunungan yang hijau yang sangat menyejukkan untuk dilihat, dan sesekali kita dapat menjumpai perkampungan-perkampungan kecil penduduk sekitar. Kota kandangan dan loksado berjarak sekitar 20 KM, dengan rute perjalanan khas kawasan pegunungan, kita juga dapat menikmati serunya perjalanan turun naik bukit dan pegunungan, tapi kita tak perlu khawatir soalnya kondisi jalan yang akan dilalui masih lumayan bagus, walaupun agak sedikit berbahaya apalagi kalau kita tidak perhati-hati dan dengan seenaknya memacu kendaraan kita, kalau kita tidak hati-hati maka bersiaplah untuk menanggung resiko.

Ditengah perjalanan antara kandangan-loksado, kita dapat beristirahat sebentar di desa Muara Tanuhi, sembari menikmati kehangatan pemandian air panas yang ada didesa tanuhi. Disana terdapat beberapa kolam renang yang salah satunya adalah kolam air panas, air panas tersebut berasal dari sumber yang berada pegunungan disekitar muara tanuhi, Disana juga disediakan beberapa buah penginapan, setelah kita puas bermain di pemandian air panas di desa muara tanuhi, kita dapat melanjutkan kembali perjalanan kita menuju loksado yang berjalar sekitar 10 menit perjalanan dari muarai tanuhi.

Sesampainya diloksado dan kita ingin bermalam di loksado, kita tidak perlu khawatir soalnya diloksado sekarang ini sudah terdapat sebuah penginapan dengan tarif sekitar Rp. 150.000,- namun apabila anda keberatan dengan tarif tersebut, anda dapat bermalam di rumah penduduk yang ada didesa loksado, atau anda juga dapat bermalam di sebuah pondok di desa malaris, masyarakat sekitar menyebut pondok tersebut dengan nama Pondok Informasi Mangkuraksa.

4 komentar:

  1. Alam Loksado memang selalu indah dan menawan.
    Makasih byk sudh menjelaskan tentang Loksado.

    BalasHapus
  2. Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
    Hutan ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

    BalasHapus
  3. Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
    Hutan ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

    BalasHapus